SERAT WEDHATAMA

SERAT WEDHATAMA

Serat Wedhatama adalah Sastra tembang atau kidungan jawa karya Mangkunegara IV

Wedhatama (berasal dalam bahasa  Jawa; Wredhatama)

yang berarti serat (tulisan/karya) wedha (Ajaran) tama (keutamaan/utama)

Wedhatama merupakan ajaran luhur untuk membangun budi pekerti dan olah spiritual bagi kalangan raja-raja Mataram, tetapi diajarkan pula bagi siapapun yang berkehendak menghayatinya. Wedhatama menjadi salah satu dasar penghayatan bagi siapa saja yang ingin “laku” spiritual dan bersifat universal lintas kepercayaan atau agama apapun. Karena ajaran dalam Wedhatama bukan lah dogma agama yang erat dengan iming-iming surga dan ancaman neraka, melainkan suara hati nurani, yang menjadi “jalan setapak” bagi siapapun yang ingin menggapai kehidupan dengan tingkat spiritual yang tinggi. Mudah diikuti dan dipelajari oleh siapapun, diajarkan dan dituntun step by step secara rinci. Puncak dari “laku” spiritual yang diajarkan serat Wedhatama adalah; menemukan kehidupan yang sejati, lebih memahami diri sendiri, manunggaling kawula-Gusti.

Berikut Serat Wedhatama dan terjemahan bebas :

PUPUH I

P A N G K U R

01

Mingkar-mingkuring ukara, akarana karenan mardi siwi, sinawung resmining kidung, sinuba sinukarta, mrih kretarta pakartining ilmu luhung,kang tumrap ing tanah Jawa, agama ageming aji.

Meredam nafsu angkara dalam diri,

Hendak berkenan mendidik putra-putri

Tersirat dalam indahnya tembang,

dihias penuh variasi,

agar menjiwai hakekat  ilmu luhur,

yang berlangsung di tanah Jawa (nusantara)

agama sebagai “pakaian” kehidupan.

02

Jinejer ing Weddhatama, mrih tan kemba kembenganing pambudi,mangka nadyan tuwa pikun, yen tan mikani rasa, yekti sepi sepa lir sepah asamun,samasane pakumpulan, gonyak-ganyuk nglelingsemi.

Disajikan dalam serat Wedhatama,

agar jangan miskin pengetahuan

walaupun sudah tua pikun

jika tidak memahami rasa sejati (batin)

niscaya kosong tiada berguna

bagai ampas, percuma sia-sia,

di dalam setiap pertemuan

sering bertindak ceroboh memalukan.

03

Nggugu karsane priyangga, nora nganggo peparah lamun angling,lumuh ingaran balilu, uger guru aleman, nanging janma ingkang wus waspadeng semu, sinamun samudana, sesadoning adu manis .

Mengikuti kemauan sendiri,

Bila berkata tanpa dipertimbangkan  (asal bunyi),

Namun tak mau dianggap bodoh,

Selalu berharap  dipuji-puji.

(sebaliknya) Ciri orang yang sudah memahami  (ilmu sejati) tak bisa ditebak

berwatak rendah hati,

selalu berprasangka baik.

04

Si pengung nora nglegewa, sangsayarda denira cacariwis, ngandhar-andhar angendukur, kandhane nora kaprah, saya elok alangka longkangipun, si wasis waskitha ngalah, ngalingi marang sipingging.

(sementara) Si dungu tidak menyadari,

Bualannya semakin menjadi jadi,

ngelantur bicara yang tidak-tidak,

Bicaranya tidak masuk akal,

makin aneh tak ada jedanya.

Lain halnya, Si Pandai cermat dan mengalah,

Menutupi aib si bodoh.

05

Mangkono ilmu kang nyata, sanyatane mung we reseping ati,bungah ingaran cubluk, sukeng tyas yen den ina, nora kaya si punggung anggung gumunggung, ugungan sadina dina, aja mangkono wong urip.

Demikianlah ilmu yang nyata,

Senyatanya memberikan ketentraman hati,

Tidak merana dibilang bodoh,

Tetap gembira jika dihina

Tidak seperti si dungu yang selalu sombong,

Ingin dipuji setiap hari.

Janganlah begitu caranya orang hidup.

06

Uripa sapisan rusak, nora mulur nalare ting saluwir, kadi ta guwa kang sirung,  sinerang ing maruta, gumarenggeng anggereng anggung gumrunggung, pindha padhane si mudha, prandene paksa kumaki.

Hidup sekali saja berantakan,

Tidak berkembang, pola pikirnya carut marut.

Umpama goa gelap menyeramkan,

Dihembus angin,

Suaranya gemuruh menggeram,

berdengung

Seperti halnya watak anak muda

masih pula berlagak congkak

07

Kikisane mung sapala, palayune ngendelken yayah wibi, bangkit tur bangsaning luhur, lah iya ingkang rama, balik sira sarawungan bae durung, mring atining tata krama, nggon-anggon agama suci.

Tujuan hidupnya begitu rendah,

Maunya mengandalkan orang tuanya,

Yang terpandang serta bangsawan

Itu kan ayahmu !

Sedangkan kamu kenal saja belum,

akan hakikatnya tata krama

dalam ajaran yang suci

08

Socaning jiwangganira, jer katara lamun pocapan pasthi, lumuh asor kudu unggul, sumengah sesongaran,yen mangkono kena ingaran katungkul, karem ing reh kaprawiran, nora enak iku kaki.

Cerminan dari dalam jiwa raga mu,

Nampak jelas walau tutur kata halus,

Sifat pantang kalah maunya  menang sendiri

Sombong besar mulut

Bila demikian itu, disebut orang yang terlena

Puas diri berlagak tinggi

Tidak baik itu nak !

09

Kekerane ngelmu karang, kakarangan saking bangsaning gaib, iku boreh paminipun, tan rumasuk ing jasad, amung aneng sajabaning daging kulup, Yen kapengkok pancabaya,
ubayane mbalenjani.

Di dalam ilmu yang dikarang-karang (sihir/rekayasa)

Rekayasa dari hal-hal gaib

Itu umpama bedak.

Tidak meresap ke dalam jasad,

Hanya ada di kulitnya saja nak

Bila terbentur marabahaya,

bisanya menghindari.

10

Marma ing sabisa-bisa, babasane muriha tyas basuki, puruitaa kang patut, lan traping angganira, Ana uga angger ugering kaprabun, abon aboning panembah, kang kambah ing siang ratri.

Karena itu sebisa-bisanya,

Upayakan selalu berhati baik

Bergurulah secara tepat

Yang sesuai dengan dirimu

Ada juga peraturan dan pedoman bernegara,

Menjadi syarat bagi yang berbakti,

yang berlaku siang malam.

11

Iku kaki takokena, marang para sarjana kang martapi, mring tapaking tepa tulus, kawawa nahen hawa, Wruhanira mungguh sanjataning ngelmu, tan mesthi neng janma wreda, tuwin muda sudra kaki.

tulah nak, tanyakan

Kepada para sarjana yang menimba ilmu

Kepada jejak hidup para suri tauladan yang benar,

dapat menahan hawa nafsu

Pengetahuanmu adalah senyatanya ilmu,

Yang tidak harus dikuasai orang tua,

Bisa juga bagi yang muda atau miskin, nak !

12

Sapantuk wahyuning Allah, gya dumilah mangulah ngelmu bangkit, bangkit mikat reh mangukut, kukutaning Jiwangga, Yen mangkono kena sinebut wong sepuh, liring sepuh sepi hawa, awas roroning ngatunggil.

Siapapun yang menerima wahyu Tuhan,

Dengan cermat mencerna ilmu tinggi,

Mampu menguasai ilmu kasampurnan,

Kesempurnaan jiwa raga,

Bila demikian pantas disebut orang tua.

Arti “orang tua” adalah tidak dikuasai hawa nafsu

Paham akan dwi tunggal (menyatunya sukma dengan Tuhan)

13

Tan samar pamoring Sukma, sinukma ya winahya ing ngasepi, sinimpen telenging kalbu, Pambukaning waana, tarlen saking liyep layaping ngaluyup, pindha pesating supena, sumusuping rasa jati.

Tidak lah samar sukma menyatu

meresap terpatri dalam keheningan  semadi,

Diendapkan dalam lubuk hati

menjadi pembuka tabir,

berawal dari keadaan antara sadar dan tiada

Seperti terlepasnya mimpi

Merasuknya rasa yang sejati.

14

Sajatine kang mangkono, wus kakenan nugrahaning Hyang Widi, bali alaming ngasuwung, tan karem karamean, ingkang sipat wisesa winisesa wus, mulih mula mulanira, mulane wong anom sami.

Sebenarnya ke-ada-an itu merupakan anugrah Tuhan,

Kembali ke alam yang mengosongkan,

tidak mengumbar nafsu duniawi,

yang bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal muasalmu

Oleh karena itu,

wahai anak muda sekalian…

PUPUH II

S I N O M

01

Nulada laku utama, tumrape wong Tanah Jawi, Wong Agung ing Ngeksiganda, Panembahan Senopati, kepati amarsudi, sudane hawa lan nepsu, pinesu tapa brata, tanapi ing siyang ratri, amamangun karenak tyasing sesama.

Contohlah perilaku utama,

bagi kalangan orang Jawa (Nusantara),

orang besar dari Ngeksiganda (Mataram),

Panembahan Senopati,

yang tekun, mengurangi hawa nafsu, dengan jalan prihatin (bertapa),

serta siang malam

selalu berkarya membuat hati tenteram bagi sesama (kasih sayang)

02

Samangsane pesasmuan, mamangun martana martani, sinambi ing saben mangsa, kala kalaning asepi, lelana teki-teki, nggayuh geyonganing kayun, kayungyun eninging tyas, sanityasa pinrihatin, puguh panggah cegah dhahar, lawan nendra.

Dalam setiap pergaulan,

membangun sikap tenggang rasa.

Setiap ada kesempatan,

Di saat waktu longgar,

mengembara untuk bertapa,

menggapai cita-cita hati,

hanyut dalam keheningan kalbu.

Senantiasa menjaga hati untuk prihatin (menahan hawa nafsu),

dengan tekad kuat, membatasi  makan dan tidur.

03

Saben nendra saking wisma, lelana laladan sepi, ngisep sepuhing supana, mrih pana pranaweng kapti, titising tyas marsudi, mardawaning budya tulus, mese reh kasudarman, neng tepining jala nidhi, sruning brata kataman wahyu dyatmika.

Setiap mengembara meninggalkan rumah (istana),

berkelana ke tempat yang sunyi (dari hawa nafsu),

menghirup  tingginya ilmu,

agar jelas apa yang menjadi tujuan (hidup) sejati.

Hati bertekad selalu berusaha dengan tekun,

memperdayakan akal budi

menghayati cinta kasih,

ditepinya samudra.

Kuatnya bertapa diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).

04

Wikan wengkoning samodra, kederan wus den ideri, kinemat kamot hing driya, rinegan segegem dadi, dumadya angratoni, nenggih Kanjeng Ratu Kidul, ndedel nggayuh nggegana, umara marak maripih, sor prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda.

Memahami kekuasaan di dalam samodra seluruhnya sudah dijelajahi,

“kesaktian” melimputi indera

Ibaratnya cukup satu genggaman saja sudah jadi, berhasil berkuasa,

Kangjeng Ratu Kidul,

Naik menggapai awang-awang,

(kemudian) datang menghadap dengan penuh hormat,

kepada Wong Agung Ngeksigondo.

05

Dahat denira aminta, sinupeket pangkat kanci, jroning alam palimunan,  ing pasaban saben sepi, sumanggem anjanggemi, ing karsa kang wus tinamtu, pamrihe mung aminta, supangate teki-teki, nora ketang teken janggut suku jaja.

Memohon dengan sangat lah beliau,

agar diakui sebagai sahabat setia, di dalam alam gaib,

tempatnya berkelana setiap sepi.

Bersedialah menyanggupi,

kehendak yang sudah digariskan.

Harapannya hanyalah meminta

restu dalam bertapa,

Meski dengan susah payah.

06

Prajanjine abipraja, saturun-turun wuri, Mangkono trahing ngawirya, yen amasah mesu budi, dumadya glis dumugi, iya ing sakarsanipun, wong agung Ngeksiganda, nugrahane prapteng mangkin, trah tumerah darahe pada wibawa.

Perjanjian sangat mulia,

untuk seluruh keturunannya di kelak kemudian hari.

Begitulah seluruh keturunan orang luhur,

bila mau mengasah akal budi

akan cepat berhasil,

apa yang diharapkan orang besar Mataram, anugerahnya hingga kelak dapat mengalir di seluruh darah keturunannya, dapat memiliki wibawa.

07

Ambawani tanah Jawa, kang padha jumeneng aji, satriya dibya sumbaga, tan lyan trahing Senapati, pan iku pantes ugi, tinelad labetanipun, ing sakuwasanira, enake lan jaman mangkin, sayektine tan bisa ngepleki kuna.

Menguasai tanah Jawa (Nusantara),

yang menjadi raja (pemimpin),

satria sakti tertermasyhur,

tak lain keturunan Senopati,

hal ini pantas pula

sebagai tauladan budi  pekertinya,

Sebisamu, terapkan di zaman nanti,

Walaupun tidak bisa

persis sama seperti di masa silam.

08

Luwung kalamun tinimbang, ngaurip tanpa prihatin, Nanging ta ing jaman mangkya, pra mudha kang den karemi, manulad nelad Nabi, nayakeng rad Gusti Rasul, anggung ginawe umbag, saben saba mapir masjid, ngajap-ajap mukjijat tibaning drajat.

Mending bila dibanding orang hidup tanpa prihatin,

namun di masa yang akan datang (masa kini),

yang digemari anak muda,

meniru-niru nabi, rasul utusan Tuhan,

yang hanya dipakai untuk menyombongkan diri,

setiap akan bekerja singgah dulu di masjid,

Mengharap mukjizat agar mendapat derajat (naik pangkat).

09

Anggung anggubel sarengat, saringane tan den wruhi, dalil dalaning ijemak, kiyase nora mikani, katungkul mungkul sami, bengkrakan neng masjid agung, kalamun maca kutbah, lelagone dhandhanggendhis, swara arum ngumandhang cengkok palaran.

Hanya memahami sariat (kulitnya) saja, sedangkan hakekatnya tidak dikuasai,

Pengetahuan untuk memahami makna dan suri tauladan tidaklah mumpuni

Mereka lupa diri, (tidak sadar)

bersikap berlebih-lebihan di masjid besar,

Bila membaca khotbah

berirama gaya dandanggula (menghanyutkan hati),

suara merdu bergema gaya palaran (lantang  bertubi-tubi).

10

Lamun sira paksa nulad, Tuladhaning Kangjeng Nabi, O, ngger kadohan panjangkah, wateke tak betah kaki, Rehne ta sira Jawi, satitik bae wus cukup, aja ngguru aleman, nelad kas ngepleki pekih, Lamun pungkuh pangangkah yekti karamat.

Jika kamu memaksa meniru,

tingkah laku `Kanjeng Nabi,

Oh, nak terlalu naif,

Biasanya tak akan betah nak,

Karena kamu itu orang Jawa,

sedikit saja sudah cukup.

Janganlah sekedar mencari sanjungan,

Mencontoh-contoh mengikuti fiqih,

apabila mampu,

memang ada harapan mendapat rahmat.

11

Nanging enak ngupa boga, rehne ta tinitah langip, apa ta suwiteng Nata, tani tanapi agrami, Mangkono mungguh mami, padune wong dhahat cubluk, durung wruh cara Arab, Jawaku bae tan ngenting, parandene pari peksa mulang putra.

Tetapi seyogyanya mencari nafkah,

Karena diciptakan sebagai makhluk lemah,

Apakah mau mengabdi kepada raja,

Bercocok tanam atau berdagang,

Begitulah menurut pemahamanku,

Sebagai orang yang sangat bodoh,

Belum paham cara Arab,

Tata cara Jawa saja tidak mengerti,

Namun memaksa diri mendidik anak.

12

Saking duk maksih taruna, sadhela wus anglakoni, aberag marang agama, maguru anggering kaji, sawadine tyas mami, banget wedine ing besuk, pranatan ngakir jaman, Tan tutug kaselak ngabdi, nora kober sembahyang gya tininggalan.

Dikarenakan waktu masih muda,

Keburu menempuh belajar pada agama,

Berguru menimba ilmu pada yang haji, maka yang terpendam dalam hatiku, menjadi

sangat takut akan hari kemudian,

Keadaan di akhir zaman,

Tidak tuntas keburu “mengabdi”

Tidak sempat sembahyang terlanjur dipanggil.

13

Marang ingkang asung pangan, yen kasuwen den dukani, abubrah bawur tyas ingwang, lir kiyamat saben hari, bot Allah apa gusti, tambuh-tambuh solah ingsun, lawas-lawas graita, rehne ta suta priyayi, yen mamriha dadi kaum temah nista.

Kepada yang memberi makan,

Jika kelamaan dimarahi,

Menjadi kacau balau perasaanku,

Seperti kiyamat saban hari,

Berat “Allah” atau “Gusti”,

Bimbanglah sikapku,

Lama-lama berfikir,

Karena anak turun priyayi,

Bila ingin jadi juru doa (kaum) dapatlah nista,

14

Tuwin ketib suragama, pan ingsun nora winaris, angur baya angantepana, pranatan wajibing urip, lampahan angluluri, aluraning pra luluhur, kuna kumunanira, kongsi tumekeng semangkin, Kikisane tan lyan among ngupa boga.

begitu pula jika aku menjadi pengurus dan juru dakwah agama.

Karena aku bukanlah keturunannya,

Lebih baik memegang teguh

aturan dan kewajiban hidup,

Menjalankan pedoman hidup

warisan leluhur dari zaman dahulu kala hingga kelak kemudian hari.

Ujungnya tidak lain hanyalah mencari nafkah.

15

Bonggan kang tan mrelokena, mungguh ugering ngaurip, uripe tan tri prakara,  wirya, arta, tri winasis, kalamun kongsi sepi, saka wilangan tetelu, telas tilasing janma, aji godhong jati aking, temah papa papariman ngulandara.

Salahnya sendiri yang tidak mengerti,

Paugeran orang hidup itu demikian seyogyanya,

hidup dengan tiga perkara;

Keluhuran (kekuasaan), harta (kemakmuran), ketiga ilmu pengetahuan.

Bila tak satu pun dapat diraih dari ketiga perkara itu,

habis lah harga diri manusia.

Lebih berharga daun jati kering, akhirnya mendapatlah derita, jadi pengemis dan terlunta.

16

Kang wus waspada ing patrap, mangayut ayat winasis, wasana wosing Jiwangga, melok tanpa aling-aling, kang ngalingi kaliling, wenganing rasa tumlawung, keksi saliring jaman, angelangut tanpa tepi, yeku aran tapa tapaking Hyang Sukma.

Yang sudah paham tata caranya,

Menghayati ajaran utama,

Jika berhasil merasuk ke dalam jiwa,

akan melihat tanpa penghalang,

Yang menghalangi tersingkir,

Terbukalah rasa sayup menggema.

Tampaklah seluruh cakrawala,

Sepi tiada bertepi,

Yakni disebut  tapa tapaking Hyang Sukma.

17

Mangkono janma utama, tuman tumanem ing sepi, ing saben rikala mangsa,masah amemasuh budi, lahire den tetepi, ing reh kasatriyanipun, susila anor raga, wignya met tyasing sesame, yeku aran wong barek berag agama.

Demikianlah manusia utama,

Gemar terbenam dalam sepi (meredam nafsu),

Di saat-saat tertentu,

Mempertajam dan membersihkan budi,

Bermaksud memenuhi tugasnya sebagai satria,

berbuat susila rendah hati,

pandai menyejukkan hati pada sesama,

itulah sebenarnya yang disebut menghayati agama.

18

Ing jaman mengko pan ora, arahe para turami, yen antuk tuduh kang nyata, nora pisan den lakoni, banjur njujurken kapti, kakekne arsa winuruk, ngandelken gurunira, pandhitane praja sidik, tur wus manggon pamucunge mring makrifat.

Di zaman kelak tiada demikian,

sikap anak muda bila mendapat petunjuk nyata,

tidak pernah dijalani,

Lalu hanya menuruti kehendaknya,

Kakeknya akan diajari,

dengan mengandalkan gurunya,

yang dianggap pandita negara yang pandai,

serta sudah menguasai makrifat.

PUPUH III

P U C U N G

01

Ngelmu iku, kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya pangkese dur angkara.

Ilmu (hakekat) itu

diraih dengan cara menghayati dalam setiap perbuatan,

dimulai dengan kemauan.

Artinya, kemauan membangun kesejahteraan terhadap sesama,

Teguh membudi daya

Menaklukkan semua angkara

02

Angkara gung, neng angga anggung gumulung, gogolonganira triloka, lekere kongsi, yen den umbar ambabar dadi rubeda.

Nafsu angkara yang besar

ada di dalam diri, kuat menggumpal, menjangkau hingga tiga zaman, jika dibiarkan berkembang akan

berubah menjadi gangguan.

03

Beda lamun, kang wus sengsem reh ngasamun, semune ngaksama, sasamane bangsa sisip, sarwa sareh saking mardi marto tama.

Berbeda dengan yang sudah menyukai dan menjiwai,

Watak dan perilaku memaafkan

pada sesama

selalu sabar berusaha

menyejukkan suasana,

04

Taman limut, durgameng tyas kang weh limput, kereming karamat, karana karohaning sih, sihing Sukma ngreda sahardi gengira.

Dalam kegelapan.

Angkara dalam hati yang menghalangi,

Larut dalam kesakralan hidup,

Karena temggelam dalam samodra kasih sayang, kasih sayang sukma (sejati) tumbuh berkembang sebesar gunung

05

Yeku patut, tinulad-tulad tinurut, sapituduhira, aja kaya jaman mangkin, keh pramudha mundhi dhiri lapel makna.

Itulah yang pantas ditiru, contoh yang patut diikuti

seperti semua nasehatku.

Jangan seperti zaman nanti

Banyak anak muda yang menyombongkan diri dengan hafalan ayat

06

Durung pecus,kesusu kaselak besus, amaknani lapal, kaya sayid weton Mesir, pendhak-pendhak angendhak gunaning janma.

Belum mumpuni sudah berlagak pintar.

Menerangkan ayat

seperti sayid dari Mesir

Setiap saat meremehkan kemampuan orang lain.

07

Kang kadyeku, kalebu wong ngaku-aku, akale alangka, elok Jawane denmohi, paksa ngangkah langkah met kawruh ing Mekah.

Yang seperti itu

termasuk orang mengaku-aku

Kemampuan akalnya dangkal

Keindahan ilmu Jawa malah ditolak.

Sebaliknya, memaksa diri mengejar ilmu di Mekah,

08

Nora weruh, rosing rasa kang rinuruh, lumeketing angga, anggere padha marsudi, kana-kene kaanane nora beda.

tidak memahami

hakekat ilmu yang dicari,

sebenarnya ada di dalam diri.

Asal mau berusaha

sana sini (ilmunya) tidak berbeda,

09

Uger lugu, den ta mrih pralebdeng kalbu, yen kabul kabuka, ing drajat kajating urip, kaya kang wus winahyeng sekar srinata.

Asal tidak banyak tingkah,

agar supaya merasuk ke dalam sanubari.

Bila berhasil, terbuka derajat kemuliaan hidup yang sebenarnya.

Seperti yang telah tersirat dalam tembang sinom (di atas).

10

Basa ngelmu, mupakate lan panemu, pasahe lan tapa, yen satriya tanah Jawi, kuna-kuna kang ginilut triprakara.

Yang namanya ilmu, dapat berjalan bila sesuai dengan cara pandang kita.

Dapat dicapai dengan usaha yang gigih.

Bagi satria tanah Jawa,

dahulu yang menjadi pegangan adalah tiga perkara yakni;

11

Lila lamun, kelangan nora gegetun, trima yen kataman, sakserik sameng dumadi, trilegawa nalangsa srahing Batara.

Ikhlas bila kehilangan tanpa menyesal,

Sabar jika hati disakiti sesama,

Ketiga ; lapang dada sambil

berserah diri pada Tuhan.

12

Batara gung, inguger graning jajantung, jenak Hayang Wisesa, sana paseneten Suci, nora kaya si mudha mudhar angkara.

Tuhan Maha Agung

diletakkan dalam setiap hela nafas

Menyatu dengan Yang Mahakuasa

Teguh mensucikan diri

Tidak seperti yang muda,

mengumbar nafsu angkara.

13

Nora uwus, kareme anguwus-uwus, uwose tan ana, mung janjine muring-muring, kaya buta-buteng betah nganiaya.

Tidak henti hentinya

gemar mencaci maki.

Tanpa ada isinya

kerjaannya marah-marah

seperti raksasa; bodoh, mudah marah dan menganiaya sesama.

14

Sakeh luput,  ing angga tansah linimput, linimpet ing sabda, narka tan ana udani, lumuh ala ardane ginawe gada.

Semua kesalahan

dalam diri selalu ditutupi,

ditutup dengan kata-kata

mengira tak ada yang mengetahui,

bilangnya enggan berbuat jahat

padahal tabiat buruknya membawa kehancuran.

15

Durung punjul, ing kawruh kaselak jujul, kaseselan hawa, cupet kapepetan pamrih, tangeh nedya anggambuh mring Hyang Wisesa.

Belum cakap ilmu

Buru-buru ingin dianggap pandai.

Tercemar nafsu selalu merasa kurang,

dan tertutup oleh pamrih,

sulit untuk manunggal pada Yang Mahakuasa.

PUPUH IV

G A M B U H

01

Samengko ingsun tutur, sembah catur: supaya lumuntur, dihin: raga, cipta, jiwa, rasa, kaki, ing kono lamun tinemu, tandha nugrahaning Manon.

Kelak saya bertutur,

Empat macam sembah supaya dilestarikan;

Pertama; sembah raga, kedua; sembah cipta, ketiga; sembah jiwa, dan keempat; sembah rasa, anakku !

Di situlah akan bertemu dengan

pertanda anugrah Tuhan.

02

Sembah raga puniku, pakartine wong amagang laku, susucine asarana saking warih, kang wus lumrah limang wektu, wantu wataking wawaton.

Sembah raga adalah

Perbuatan orang yang lagi magang “olah batin”

Menyucikan diri dengan sarana air,

Yang sudah lumrah misalnya lima waktu

Sebagai rasa menghormat waktu

03

Inguni-uni durung, sinarawung wulang kang sinerung, lagi iki bangsa kas ngetok-ken anggit, mintoken kawignyanipun, sarengate elok-elok.

Zaman dahulu belum

pernah dikenal ajaran yang penuh tabir,

Baru kali ini ada orang menunjukkan hasil rekaan,

memamerkan ke-bisa-an nya

amalannya aneh aneh

04

Thithik kaya santri Dul, gajeg kaya santri brahi kidul, saurute Pacitan pinggir pasisir, ewon wong kang padha nggugu, anggere guru nyalemong.

Kadang seperti santri “Dul”  (gundul)

Bila tak salah, seperti santri wilayah selatan

Sepanjang Pacitan tepi pantai

Ribuan orang yang percaya.

Asal-asalan dalam berucap

05

Kasusu arsa weruh, cahyaning Hyang kinira yen karuh, ngarep-arep urup arsa den kurebi, Tan wruh kang mangkoko iku, akale keliru enggon.

Keburu ingin tahu,

cahaya Tuhan dikira dapat ditemukan,

Menanti-nanti besar keinginan (mendapatkan anugrah) namun gelap mata

Orang tidak paham yang demikian itu

Nalarnya sudah salah kaprah

06

Yen ta jaman rumuhun, tata titi tumrah tumaruntun, bangsa srengat tan winor lan laku batin, dadi ora gawe bingung, kang padha nembah Hyang Manon.

Bila zaman dahulu,

Tertib teratur runtut harmonis

sariat tidak dicampur aduk dengan olah batin,

jadi tidak membuat bingung

bagi yang menyembah Tuhan

07

Lire sarengat iku, kena uga ingaranan laku, dihin ajeg kapindhone ataberi, pakolehe putraningsun, nyenyeger badan mwih kaot.

Sesungguhnya sariat itu

dapat disebut olah, yang bersifat ajeg dan tekun.

Anakku, hasil sariat adalah dapat menyegarkan badan

agar lebih baik,

08

Wong seger badanipun, otot daging kulit balung sungsum, tumrah ing rah memarah antenging ati, antenging ati nunungku, angruwat ruweting batos.

badan, otot, daging, kulit dan tulang sungsumnya menjadi segar,

Mempengaruhi darah, membuat tenang di hati.

Ketenangan hati membantu

Membersihkan kekusutan batin

09

Mangkono mungguh ingsun, ananging ta sarehne asnafun, beda-beda panduk panduming dumadi, sayektine nora jumbuh, tekad kang padha linakon.

Begitulah menurut ku !

Tetapi karena orang itu berbeda-beda,

Beda pula garis nasib dari Tuhan.

Sebenarnya tidak cocok

tekad yang pada dijalankan itu

10

Nanging ta paksa tutur, rehning tuwa tuwase mung catur, bok lumuntur lantaraning reh utami, sing sapa temen tinemu, nugraha geming Kaprabon.

Namun terpaksa memberi nasehat

Karena sudah tua kewajibannya hanya memberi petuah.

Siapa tahu dapat lestari menjadi pedoman tingkah laku utama.

Barang siapa bersungguh-sungguh akan

mendapatkan anugrah kemuliaan dan kehormatan.

11

Samengko sembah kalbu, yen lumintu uga dadi laku, laku agung kang kagungan Narapati, patitis tetesing kawruh, meruhi marang kang momong.

Berikutnya, sembah kalbu itu

jika berkesinambungan juga menjadi olah spiritual.

Olah (spiritual) tingkat tinggi yang dimiliki Raja.

Tujuan ajaran ilmu ini;

untuk memahami yang mengasuh diri (guru sejati/pancer)

12

Sucine tanpa banyu, mung nyenyuda mring hardaning kalbu, pambukane tata, titi, ngati-ati, atetetp talaten atul, tuladhan marang waspaos.

Bersucinya tidak menggunakan air

Hanya menahan nafsu di hati

Dimulai dari perilaku yang tertata, teliti dan hati-hati (eling dan waspada)

Teguh, sabar dan tekun,

semua menjadi watak dasar,

Teladan bagi sikap waspada.

13

Mring jatining pandulu, panduk ing ndon dedalan satuhu, lamun lugu leguting reh maligi, lageane tumalawung, wenganing alam kinaot.

alam penglihatan yang sejati,

Menggapai sasaran dengan tata cara yang benar.

Biarpun sederhana tatalakunya dibutuhkan konsentrasi

Sampai terbiasa mendengar suara sayup-sayup dalam keheningan

Itulah, terbukanya “alam lain”

14

Yen wus kambah kadyeku, sarat sareh saniskareng laku, kalakone saka eneng, ening, eling,  Ilanging rasa tumlawung, kono adile Hyang Manon.

Bila telah mencapai seperti itu,

Saratnya sabar segala tingkah laku.

Berhasilnya dengan cara;

Membangun kesadaran, mengheningkan cipta,  pusatkan fikiran kepada energi Tuhan.

Dengan hilangnya rasa sayup-sayup, di situlah keadilan Tuhan terjadi. (jiwa  memasuki alam gaib rahasia Tuhan)

15

Gagare ngunggar kayun, tan kayungyun mring ayuning kayun, bangsa anggit yen ginigit nora dadi, Marma den awas den emut, mring pamurunging lelakon.

Gugurnya jika menuruti kemauan jasad (nafsu)

Tidak suka dengan indahnya kehendak rasa sejati,

Jika merasakan keinginan yang tidak-tidak akan gagal.

Maka awas dan ingat lah

dengan yang membuat gagal tujuan

16

Samengko kang tinutur, sembah katri kang sayekti katur, mring Hyang Sukma sukmanen sehari-hari, arahen dipun kecakup, sembah ing Jiwa sutengong.

Nanti yang diajarkan

Sembah ketiga yang sebenarnya  diperuntukkan kepada Hyang sukma (jiwa).

Hayatilah dalam kehidupan sehari-hari

Usahakan agar mencapai sembah jiwa ini anakku !

17

Sayekti luwih prelu, ingaranan pepuntoning laku, kalakuan kang tumrap bangsaning batin, sucine lan Awas Emut, mring alame alam amot.

Sungguh lebih penting, yang

disebut sebagai ujung jalan spiritual,

Tingkah laku olah batin, yakni

menjaga kesucian dengan awas dan selalu ingat akan alam nan abadi kelak.

18

Ruktine ngangkah ngukut, ngiket ngrukut triloka kakukut, jagad agung gimulung lan jagad cilik, Den kandel kumandel kulup, mring kelaping alam kono.

Cara menjaganya dengan menguasai, mengambil, mengikat, merangkul erat tiga jagad yang dikuasai.

Jagad besar tergulung oleh jagad kecil,

Pertebal keyakinanmu anakku !

Akan kilaunya alam tersebut.

19

Keleme mawa limut, kalamatan jroning alam kanyut, sanyatane iku kanyatan kaki, Sajatine yen tan emut, sayekti tan bisa awor.

Tenggelamnya rasa melalui suasana “remang berkabut”,

Mendapat firasat dalam alam yang menghanyutkan,

Sebenarnya hal itu kenyataan, anakku !

Sejatinya jika tidak ingat

Sungguh tak bisa “larut”

20

Pamete saka luyut, sarwa sareh saliring panganyut, lamun yitna kayitnan kang mitayani, tarlen mung pribadinipun, kang katon tinonton kono.

Jalan keluarnya dari luyut (batas antara lahir dan batin)

Tetap sabar mengikuti “alam  yang menghanyutkan”

Asal hati-hati dan waspada yang menuntaskan tidak lain hanyalah diri pribadinya

yang tampak terlihat di situ

21

Nging aywa salah surup, kono ana sajatining Urub, yeku urup pangarep uriping Budi, sumirat sirat narawung, kadya kartika katongton.

Tetapi jangan salah mengerti

Di situ ada cahaya sejati

Ialah cahaya pembimbing,

energi penghidup akal budi.

Bersinar lebih terang dan cemerlang,

tampak bagaikan bintang

22

Yeku wenganing kalbu, kabukane kang wengku winengku, wewengkone wis kawengku neng sireki, nging sira uga kawengku, mring kang pindha kartika byor.

Yaitu membukanya pintu hati

Terbukanya yang kuasa-menguasai (antara cahaya/nur dengan jiwa/roh).

Cahaya itu sudah kau (roh)  kuasai

Tapi kau (roh) juga dikuasai

oleh cahaya yang seperti bintang cemerlang.

23

Samengko ingsun tutur, gantya sembah ingkang kaping catur, sembah Rasa karasa rosing dumadi, dadine wis tanpa tuduh, mung kalawan kasing Batos.

Nanti ingsun ajarkan,

Beralih sembah yang ke empat.

Sembah rasa terasalah hakekat kehidupan.

Terjadinya sudah tanpa petunjuk,

hanya dengan kesentosaan batin

24

Kalamun durung lugu, aja pisan wani ngaku-aku, antuk siku kang mangkono iku kaki, kena uga wenang muluk, kalamun wus pada melok.

Apabila belum bisa membawa diri,

Jangan sekali-kali berani mengaku-aku,

mendapat laknat yang demikian itu anakku !

Artinya, seseorang berhak berkata apabila sudah mengetahui dengan nyata.

25

Meloke ujar iku, yen wus ilang sumelang ing kalbu, amung kandel kumandel ngandel mring takdir, iku den awas den emut, den memet yen arsa momot.

Menghayati pelajaran ini

Bila sudah hilang keragu-raguan hati.

Hanya percaya dengan sungguh-sungguh kepada takdir

itu harap diwaspadai, diingat,

dicermati bila ingin menguasai seluruhnya.

26

Pamoring ujar iku, kudu santosa ing budi teguh, sarta sabar tawekal legaweng ati, trima lila ambeh sadu, weruh wekasing dumados.

Melaksanakan petuah itu

Harus kokoh budipekertinya

Teguh serta sabar

tawakal lapang dada

Menerima dan ikhlas apa adanya sikapnya dapat dipercaya

Mengerti “sangkan paraning dumadi”.

27

Sabarang tindak-tanduk, tumindake lan sakadaripun, den ngaksama kasisipaning sesami, sumimpanga ing laku dur, hardaning budi kang ngrodon.

Segala tindak tanduk

dilakukan ala kadarnya,

memberi maaf atas kesalahan sesama,

menghindari perbuatan tercela,

(dan) watak angkara yang besar.

28

Dadya wruh iya dudu, yeku minangka pandaming kalbu, inkang buka ing kijab bullah agaib, sesengkeran kang sinerung, dumunung telenging batos.

Sehingga tahu baik dan buruk,

Demikian itu sebagai ketetapan hati,

Yang membuka penghalang/tabir  antara insan dan Tuhan,

Tersimpan dalam rahasia,

Terletak di dalam batin.

29

Rasaning urip iku krana momor pamoring sawujud, wujuddullah sumrambah ngalam sakalir, lir manis kalawan madu, endi arane ing kono.

Rasa hidup itu

dengan cara manunggal dalam satu wujud,

Wujud Tuhan meliputi alam semesta,

bagaikan rasa manis dengan madu. Begitulah ungkapannya.

30

Endi manis endi madu, yen wis bisa nuksmeng pasang semu, pasamaoning hebing kang Maha Suci, kasikep ing tyas kacakup, kasat mata lair batos.

Mana manis mana madu,

apabila sudah bisa menghayati gambaran itu,

Bagaimana pengertian sabda Tuhan,

Hendaklah digenggam di dalam hati, sudah jelas dipahami secara lahir dan batin.

31

Ing batin tan keliru, kedhap kilap liniling ing kalbu, kang minangka colok celaking Hyang Widi, widadaning budi sadu, pandak panduking liru nggon.

Dalam batin tak keliru,

Segala cahaya indah dicermati dalam hati,

Yang menjadi petunjuk dalam memahami hakekat Tuhan,

Selamatnya karena budi (bebuden)  yang jujur (hilang nafsu),

Agar dapat merasuk beralih “tempat”.

32

Nggonira mrih tulus, kalaksitaning reh kang rinuruh, ngayanira mrih wikal, warananing gaib, paranta lamun tan weruh, sasmita jatining endhog.

Agar usahamu berhasil,

Dapat menemukan apa yang dicari,

upayamu agar dapat melepas penghalang kegaiban,

Apabila kamu tidak paham ; lihatlah tentang bagaimana terjadinya telur.

33

Putih lan kuningpun, lamun arsa titah teka mangsul, dene nora mantra-mantra yen ing lair, bisa aliru wujud, kadadeyane ing kono.

Putih dan kuningnya,

bila akan mewujud (menetas),

wujud datang berganti,

tak disangka-sangka,

bila kelahirannya

dapat berganti wujud,

Kejadiannya di situ !

34

Istingarah tan metu, lawan istingarah tan lumebu, dene ing njro wekasane dadi njawi, raksana kang tuwajuh, aja kongsi kabasturon.

Dipastikan tidak keluar,

juga tidak masuk,

Kenyataannya yang di dalam akhirnya menjadi di luar,

Rasakan sunguh-sungguh,

Jangan sampai terlanjur tak bisa memahami.

35

Karana yen kebanjur, kajantaka tumekeng saumur, tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi, dadi wong ina tan wruh, dhewekw den anggep dhayoh.

Sebab apabila sudah terlanjur,

akan tak tenang sepanjang hidup, tidak ada gunanya bila kelak mati,

Menjadi orang hina yang bodoh,

dirinya sendiri malah dianggap tamu.

PUPUH V

K I N A N T H I

01

Mangka kantining tumuwuh, salami mung awas eling, eling lukitaning alam, wedi weryaning dumadi, supadi niring sangsaya, yeku pangreksaning urip.

Padahal bekal hidup,

selamanya waspada dan ingat,

Ingat akan pertanda yang ada

di alam ini,

Menjadi kekuatannya asal-usul, supaya lepas dari sengsara.

Begitulah memelihara hidup.

02

Marma den taberi kulup, angulah lantiping ati, rina wengi den anedya, pandak-panduking pambudi, bengkas kahardaning driya, supadya dadya utami.

Maka rajinlah anak-anakku,

Belajar menajamkan hati,

Siang malam berusaha,

merasuk ke dalam sanubari,

melenyapkan nafsu pribadi,

Agar menjadi (manusia) utama.

03

Pangasahe sepi samun, aywa esah ing salami, samangsa wis kawistara, lalandhepe mingis-mingis, pasah wukir reksa muka, kekes srabedaning budi.

Mengasahnya di alam sepi (semedi),

Jangan berhenti selamanya,

Apabila sudah kelihatan,

tajamnya luar biasa,

mampu mengiris gunung penghalang,

Lenyap semua penghalang budi.

04

Dene awas tegesipun, weruh warananing urip, miwah wisesaning tunggal, kang atunggil rina wengi, kang mukitan ing sakarsa, gumelar ngalam sakalir.

Awas itu artinya,

tahu penghalang kehidupan,

serta kekuasaan yang tunggal,

yang bersatu siang malam,

Yang mengabulkan segala kehendak,

terhampar alam semesta.

05

Aywa sembrana ing kalbu, wawasen wuwus sireki, ing kono yekti karasa, dudu ucape pribadi, marma den sembadeng sedya, wewesen praptaning uwis.

Hati jangan lengah,

Waspadailah kata-katamu,

Di situ tentu terasa,

bukan ucapan pribadi,

Maka tanggungjawablah,  perhatikan semuanya sampai  tuntas.

06

Sirnakna semanging kalbu, den waspada ing pangeksi, yeku dalaning kasidan, sinuda saka satitik, pamotahing nafsu hawa, jinalantih mamrih titih.

Sirnakan keraguan hati,

waspadalah terhadap pandanganmu,

Itulah caranya berhasil,

Kurangilah sedikit demi sedikit godaan hawa nafsu,

Latihlah agar terlatih.

07

Aywa mamatuh malutuh, tanpa tuwas tanpa kasil, kasalibuk ing srabeda, marma dipun ngati-ati, urip keh rencananira, sambekala den kaliling.

Jangan terbiasa berbuat aib,

Tiada guna tiada hasil,

terjerat oleh aral,

Maka berhati-hatilah,

Hidup ini banyak rintangan,

Godaan harus dicermati.

08

Upamane wong lumaku, marga gawat den liwati, lamun kurang ing pangarah, sayekti karendet ing ri, apese kasandhung padhas, babak bundhas anemahi.

Seumpama orang berjalan,

Jalan berbahaya dilalui,

Apabila kurang perhitungan,

Tentulah tertusuk duri,

celakanya terantuk batu,

Akhirnya penuh luka.

09

Lumrah bae yen kadyeku, atetamba yen wis bucik, duwea kawruh sabodag, yen ta nartani ing kapti, dadi kawruhe kinarya, ngupaya kasil lan melik.

Lumrahnya jika seperti itu,

Berobat setelah terluka,

Biarpun punya ilmu segudang,

bila tak sesuai tujuannya,

ilmunya hanya dipakai mencari nafkah dan pamrih.

10

Meloke yen arsa muluk, muluk ujare lir wali, wola-wali nora nyata, anggepe pandhita luwih, kaluwihane tan ana, kabeh tandha-tandha sepi.

Baru kelihatan jika keinginannya muluk-muluk,

Muluk-muluk bicaranya seperti wali,

Berkali-kali tak terbukti,

merasa diri pandita istimewa,

Kelebihannya tak ada,

Semua bukti sepi.

11

Kawruhe mung ana wuwus, wuwuse gumaib baib, kasliring titik tan kena, mancereng alise gatik, apa pandhita antige, kang mangkono iku kaki.

Ilmunya sebatas mulut,

Kata-katanya di gaib-gaibkan,

Dibantah sedikit saja tidak mau, mata membelalak alisnya menjadi satu,

Apakah yang seperti itu  pandita palsu,..anakku ?

12

Mangka ta kang aran laku, lakune ngelmu sajati, tan dahwen pati openan, tan panasten nora jail, tan njurungi ing kaardan, amung eneng mamrih ening.

Padahal yang disebut “laku”,

sarat menjalankan ilmu sejati tidak suka omong kosong dan tidak suka memanfaatkan hal-hal sepele yang bukan haknya,

Tidak iri hati dan jail,

Tidak melampiaskan hawa nafsu. Sebaliknya, bersikap tenang agar menggapai keheningan jiwa.

13

Kunanging budi luhung, bangkit ajur ajer kaki, yen mangkono bakal cikal, thukul wijining utami, nadyan bener kawruhira, yen ana kang nyulayani.

Luhurnya budipekerti,

pandai beradaptasi, anakku !

Demikian itulah awal mula,

tumbuhnya benih keutamaan,

Walaupun benar ilmumu,

bila ada yang mempersoalkan..

14

Tur kang nyulayani iku, wus wruh yen kawruhe nempil, nanging laire angalah, katingala angemori, mung ngenaki tyasing liyan, aywa esak aywa serik.

Walau orang yang mempersoalkan itu, sudah diketahui ilmunya dangkal,

tetapi secara lahir kita mengalah,

berkesanlah persuasif,

sekedar menggembirakan hati orang lain.

Jangan sakit hati dan dendam.

15

Yeku ilapating wahyu, yen yuwana ing salami, marga wimbuh ing nugraha, saking heb kang Maha Suci, cinancang pucuking cipta, nora ucul-ucul kaki.

Begitulah sarat turunnya wahyu,

Bila teguh selamanya,

dapat bertambah anugrahnya,

dari sabda Tuhan Mahasuci,

terikat di ujung cipta,

tiada terlepas-lepas anakku

16

Mangkono ingkang tinamtu, tampa nugrahaning Widhi, marma ta kulup den bisa, mbusuki ujaring janmi, pakoleh lair batinnya, iyeku budi premati.

Begitulah yang digariskan,

Untuk mendapat anugrah Tuhan.

Maka dari itu anakku,

sebisanya, kalian pura-pura menjadi orang bodoh terhadap perkataan orang lain,

nyaman lahir batinnya,

yakni budi yang baik.

17

Pantes tinulad tinurut, laladane mrih utami, utama kembanging mulya, kamulyaning jiwa dhiri, ora yen ta ngeplekana, lir leluhur nguni-uni.

Pantas menjadi suri tauladan yang ditiru,

Wahana agar hidup mulia,

kemuliaan jiwa raga.

Walaupun tidak persis, seperti nenek moyang dahulu.

18

Ananging ta kudu-kudu, sakadarira pribadi, aywa tinggal tutuladan, lamun tan mangkono kaki, yekti tuna ing tumitah, poma kaestokna kaki.

Tetapi harus giat berupaya, sesuai kemampuan diri,

Jangan melupakan suri tauladan,

Bila tak berbuat demikian itu anakku,

pasti merugi sebagai manusia.

Maka lakukanlah anakku !

Pos ini dipublikasikan di CINTA INDONESIA dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s