Dolanan Dakon

Dolanan Dakon

Permainan tradisional budaya Jawa, permainan Dakon atau masyarakat Jakarta(betawi) menyebut  permainan ini Congklak. Permainan ini sungguh mendidik bagi pemainnya untuk ilmu perkiraan dan hitungan serta bisa juga bermain sambil berdzikir(saat menaruh biji pada lubang papan dakon). Biasa dimainkan kaum hawa tetapi bisa juga dimainkan oleh kaum laki-laki dan bisa dilakukan dimana saja sambil menungu waktu atau saat menikmati waktu senggang . Banyak nilai positif yang bisa diambil, tetapi sayang permainan ini kalah dengan barbagai permaian menarik modern.

Ternyata Dakon mempunyai sejarah panjang. Secara internasional namanya adalah Mancala berasal dari bahasa Arab ‘Naqala’ yang artinya bergerak (wikipedia). Menurut dugaan asalnya dari Jordania setelah ditemukan papan mainan yang berusia 7000-5000 th sebelum masehi. Sedang di Afrika permainan ini juga sangat dikenal dengan nama Oware. Nah bisa nyampe ke Indonesia juga kemungkinan lewat perdagangan dengan saudagar Timur Tengah dan Afrika.

Jadi ingat saat kecil pernah memainkan ini caranya sebagai berikut:

Pada umumnya jumlah lubang keseluruhan adalah 16lubang,yang dibagi menjadi tujuh lubang kecil dan satu (lumbung)lubang tujuan untuk masing-masing pemain. Lubang tujuan merupakan lubang terkiri (biasanya diameternya lebih besar).

Skor kemenangan ditentukan dari jumlah biji yang terdapat pada lubang tujuan tersebut.

Setiap pemain mengambil semua biji yang terdapat pada lubang kecil yang diinginkan, untuk disebar satu biji per lubang berurutan searah jarum jam. Langkah tersebut dilakukan berulang. Apabila pada lubang terakhir meletakkan biji masih ada isinya (lubang tersebut tidak kosong) maka pemain tersebut melanjutkan dengan mengambil semua biji yang terdapat pada lubang tersebut dan melanjutkan permainan. Apabila peletakan biji terakhir berada pada lubang yang kosong  maka pemain tidak dapat melanjutkan langkah. Giliran untuk bermain berpindah ke lawan. Keadaan ini disebut sebagai keadaaan

Permainan berakhir apabila seluruh biji sudah berada pada lubang tujuan masing-masing pemain, atau apabila salah satu pemain sudah tidak memiliki biji pada lubang-lubang kecilnya untuk dimainkan (disebut mati jalan). Pemenangnya adalah yang memiliki jumlah biji terbanyak pada lubangnya.

dolanan dakon yuk!!!!

Pos ini dipublikasikan di CINTA INDONESIA dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s